RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PRASIKLUS
(RPP)
Sekolah
: Mata
Pelajaran
: IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/semester
: V /1
Alokasi
waktu
: 2 x 35 menit
Tanggal :
25 September 2015
A. Standar Kompetensi
Memahami keragaman suku
bangsa dan budaya Indonesia
B.
Kompetensi Dasar
Menghargai keragaman
suku bangsa dan budaya Indonesia
C. Tujuan pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi
keragaman suku bangsa diIndonesia
- Siswa dapat menunjukkan sikap
menghormati keragaman budaya di Indonesia
D. Indikator
-Mengidentifikasi keragaman budaya di
Indonesia
-Mengembangkan sikap menghormati budaya di
Indonesia
E. METODE
-Ceramah,diskusi dan Tanya jawab
F.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan (5menit)
-
Mengajak semua siswa berdoa
-
Melakukan apersepsi dengan
memberikan pertanyaan tentang penduduk dan wilayah Indonesia
-
Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (50menit)
Ekplorasi
Dalam Kegiatan ekplorasi
-menjelaskan
dengan menggunakan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
-Mengidentifikasi
keragaman budaya yang ada di Indonesia
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaboras
-Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas untuk
di diskusikan tentang keragaman kebudayaan di Indonesia
-Memberi
kesempatan untuk berfikir ,menganalisis,menyelesaikan masalah,dan bertindak
tanpa rasa takut
-Memfasilitasi
peserta didikuntuk menyajikan hasil kerja kelompok
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi
-Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yg belum diketahui tentang siswa
-Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan pnguatan serta penyimpulan.
3.Penutup (15 menit)
- Bersama-sama dengan siswa merangkum meteri pembelajaran keragaman suku bangsadan
kebudayaan di Indonesia
- Melakukan penilaian
-Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran tugas individu maupun kelompok
G. Alat
dan sumber bahan
Alat peraga :Gambar
keanekaragaman suku bangsa dan budaya di indonesia
Sumber :Buku IPS kelas 5 Arya duta
H.
Evaluasi
-dilakukan secara individu dan
kelompok
Lembar kerja kelompok
Kelompok :
Nama
:
1
2
3
4
5
Isilah
table dibawah ini
NO
|
NAMA DAERAH
|
TARIAN DAERAH
|
RUMAH ADAT
|
PAKAIAN ADAT
|
ALAT MUSIK
|
1
|
Sumatra
|
|
|
|
|
2
|
Jawa barat
|
|
|
|
|
3
|
Jawa tengah
|
|
|
|
|
4
|
Jawa timur
|
|
|
|
|
Lampiran 5
Lembar kerja individu
Nama :
No Absen :
Kelas :
Mata pelajaran :
Hari/tanggal :
Jawablah soal dibawah ini dengan benar !
1.Suku anak dalam berasal dari…
2.Suku tengger adalah suku yang masih
terasing berada di provinsi…
3.Rumah gadang adalah rumah adat daerah…
4.Rumah yang berbentuk joglo adalah rumah
adat dari daerah ..
5.Rencong adalah senjata tradisional dari
daerah…
6.Keris adalah senjata tradisional dari daerah…
7.Alat musik tifa dari daerah….
8.Ondel-ondel adalah kesenian dari daerah…
9.Soleram adalah lagu dari daerah…
10.Tarian adat legong berasal dari daerah…
Lampiran 6
Kunci jawaban lembar individu
1.Riau
2.Jawa timur
3.Sumatra
4.Jawa tengah
5.Aceh
6.Jawa tengah
7.Maluku
8.Betawi
9.Riau
10.Bali
Skor = Jumlah jawaban benar x100: jumlah soal
Lampiran 7
NILAI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD 5
KANDANGMAS PADA KONDISI AWAL
Rekapitulasi nilai ulangan dengan kkm 70
No
|
Nama siswa
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Ahmad udin
|
50
|
Belum tuntas
|
2
|
Ana karisma
|
70
|
Tuntas
|
3
|
Lutfiana
|
70
|
Tuntas
|
4
|
Ranti S.
|
60
|
Belum tuntas
|
5
|
Muhammad abdul R.
|
70
|
Tuntas
|
6
|
Atika apriliani
|
80
|
Tuntas
|
7
|
Alfi ana
|
90
|
Tuntas
|
8
|
Eva Wijaya
|
60
|
Belum tuntas
|
9
|
Amelia
|
70
|
Tuntas
|
10
|
Agus
|
80
|
Tuntas
|
11
|
Khoirul anam
|
70
|
Tuntas
|
12
|
Dina
|
90
|
Tuntas
|
13
|
Deo Irawan
|
50
|
Belum tuntas
|
14
|
Evina
|
70
|
Tuntas
|
15
|
Fachrudin
|
70
|
Tuntas
|
16
|
Rodzi
|
40
|
Belum tuntas
|
17
|
Saiful
|
60
|
Belum tuntas
|
18
|
Abdul
|
60
|
Belum tuntas
|
19
|
amin
|
60
|
Belum tuntas
|
KKM KETUNTASAN = 70
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PRASIKLUS KELAS 5 SEMESTER 1"