INSTRUMEN
ANGKET
UNTUK SISWA SLTP (Waktu 50 Menit)
I.
Petunjuk Umum :
Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui dan meningkatkan kualitas pendidikan di
Indonesia pada umumnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan
di sekolah ialah dengan melalui perbaikan pada prosesnya. Guru sebagai personel
yang menduduki posisi strategis dalam rangka pengembangan sumber daya manusia,
dituntut untuk terus mengikuti berkembangnya konsep-konsep baru dalam dunia
kepengajaran tersebut. Dan penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana siswa
SLTP memahami suatu pelajaran dengan digunakan metode ceramah.
Dalam
mengisi angket ini anda tidak perlu ragu-ragu dan khawatir takut salah, karena
hasilnya tidak akan mempengaruhi nilai pelajaran anda. jawablah angket ini dengan
jujur sesuai dengan hati nurani anda. Tidak diperkenankan meniru jawaban teman.
Pilihlah jawaban sesuai dengan pendapat dari pikiran dan hatimu, bukan apa yang
sebaiknya. Kerjakan semua soal yang tersedia pada lembar jawab yang telah disediakan.
II.
Petunjuk Khusus
:
Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c pada lembar jawab yang telah
disediakan sesuai hati nurani dan keadaan yang sebenarnya !
1.
Apakah ceramah merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan?
a. Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
2.
Apakah siswa
memperhatikan pada saat pelajaran dimulai dengan cerita?
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
3. Saya mendengarkan dengan baik pada saat berlangsungnya
proses belajar mengajar
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
4. Pada saat guru menyampaikan materi, saya
suka mencoret-coret buku
a.
Ya
b.
Kadang-kadang
c. Tidak
5. Saya sering
permisi keluar pada saat guru menyampaikan materi
a.
Tidak
b. Kadang-kadang
c. Ya
6. Ada siswa
yang makan pada saat guru menyampaikan materi
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
7. Saya
lebih mudah mengerjakan tugas setelah mendapat penjelasan/pemaparan dari guru
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
8. Metode ceramah
yang disampaikan guru di depan kelas, membuat saya sulit memahami materi
a.
Tidak
b. Kadang-kadang
c. Ya
9. Banyak siswa
yang tidak dapat mengingat contoh perbuatan terpuji apabila di tulis pada papan
tulis
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
10. Siswa mengerti apabila materi
wudhu disampaikan dengan bantuan laptop
a. Tidak
b. Kadang-kadang
c. Ya
11. Saya sulit menghapal gerakan
sholat apabila hanya melihat poster gerakan sholat?
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
12. Jika guru mengajarkan tata cara
wudhu dengan tape recorder, saya cepat mengingatnya
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
13. Saya dapat menjawab pertanyaan
dengan benar setelah mendengar penjelasan guru
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
14. Saya dapat memberikan contoh gerakan
wudhu tanpa dijelaskan
a.
Tidak
b. Kadang-kadang
c. Ya
15. Saya tidak dapat menjawab
pertanyaan dikarenakan tidak memperhatikan materi pelajaran
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
16. Banyak siswa yang tidur selama
materi berlangsung
a.
Tidak
b.
Kadang-kadang
c. Ya
17. Banyak siswa yang mengganggu
teman disampingnya
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
18. Saya merasa cocok dengan
metode ceramah yang disampaikan guru di depan kelas
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
19. Menurut saya dengan cara
ceramah siswa akan memperhatikan yang
diterangkan oleh guru
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
20. Saya merasa cocok dengan
metode ceramah daripada metode diskusi
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
21. Guru menyampaikan materi
dengan penuh semangat sehingga saya senang
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
22. Saya memperhatikan jika guru
mengajar dengan menjelaskan materi/cerita
a.
Ya
b.
Kadang-kadang
c. Tidak
23. Dengan penjelasan materi yang
terus menerus membuat saya mengantuk
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
24. Saya merasa tertarik jika
guru menjelaskan materi
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
25. Jika teman-teman mengajak
saya bercerita, saya tidak lagi memperhatikan penjelasan guru
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
26. Saya tidak mau mendengarkan
materi hingga selesai kalau guru ceramah
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
27. Ceramah/penjelasan guru
membuat saya hilang semangat mengikuti pelajaran
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
28. Lebih memilih menulis materi
dari papan tulis daripada mendengarkan guru menjelaskan
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
29. Saya berusaha memperhatikan
penjelasan guru agar tidak mendapat nilai buruk
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
30. Daripada mengikuti penjelasan
guru, saya lebih memilih pergi ke UKS
a.
Ya
b. Kadang-kadang
c. Tidak
LEMBAR JAWAB
ANGKET SISWA SLTP
|
NAMA :……………………
KELAS : …………………...
SLTP NEGERI : ……………………
1
|
a
|
b
|
c
|
d
|
11
|
a
|
b
|
c
|
d
|
21
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
2
|
a
|
b
|
c
|
d
|
12
|
a
|
b
|
c
|
d
|
22
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
3
|
a
|
b
|
c
|
d
|
13
|
a
|
b
|
c
|
d
|
23
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
4
|
a
|
b
|
c
|
d
|
14
|
a
|
b
|
c
|
d
|
24
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
5
|
a
|
b
|
c
|
d
|
15
|
a
|
b
|
c
|
d
|
25
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
6
|
a
|
b
|
c
|
d
|
16
|
a
|
b
|
c
|
d
|
26
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
7
|
a
|
b
|
c
|
d
|
17
|
a
|
b
|
c
|
d
|
27
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
8
|
a
|
b
|
c
|
d
|
18
|
a
|
b
|
c
|
d
|
28
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
9
|
a
|
b
|
c
|
d
|
19
|
a
|
b
|
c
|
d
|
29
|
a
|
b
|
c
|
d
|
||
10
|
a
|
b
|
c
|
d
|
20
|
a
|
b
|
c
|
d
|
30
|
a
|
b
|
c
|
d
|
0 Komentar untuk "INSTRUMEN ANGKET UNTUK SISWA SLTP "