TUGASKU

Kumpulan Tugas Sekolah

MAKALAH PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL PLASTIK



Alhamdulillah Kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan Rahmat Inayah serta Magfirah kepada kami sehingga Kami dapat menyelesaikan “Malakah Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Lampion”.
Adapun makalah ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Dalam kehidupan kita tak terlepas dengan plastik terutama Botol. Banyak sekali botol dibuang sia - sia, tanpa dikelolah dengan baik. Misalnya botol jenis plastic yang sulit terurai dan yang tidak mudah hancur dengan air. Di lingkungan kita botol merupakan alat informasi utama yang habis dipakai dibuang. Kalau diamati bisa di manfaatkan menjadi kerajinan tangan bermacam - macam bentuk.
Dalam makalah ini, berbagai hambatan telah penulis alami. Oleh karena itu, terselesaikannya makalah ini tentu saja bukan karena kemampuan kami semata - mata. Namun karena adanya dukungan dan bantuan dari pihak - pihak yang terkait.
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya kelompok dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan pembantu menyelesaikan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini, kelompok menyadari pengetahuan dan pengalaman penulis masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari berbagai pihak agar laporan ini lebih baik dan bermanfaat.

Penyusun,



1.2Cara Pemanfatan Limbah Botol Plastik Menjadi lampion



   BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Akhir-akhir ini, limbah plastik bekas botol minuman di sekitar kita semakin meningkat. Bertambahnya jumlah sampah menyebabkan dampak yang cukup buruk kepada lingkungan. Sampah dalam bentuk plastik cukup susah diuraikan. Penelitian menunjukkan bahwa sampah plastik akan terurai dalam jangka waktu 50 juta tahun. Bayangkan, apabila hal ini tidak ditangani maka bumi akan menjadi tempat tinggal yang terbentuk dari sampah dan barang tidak berguna.
Berdasarkan hal yang telah terurai sebelumnya, sudah seharusnya ada suatu cara untuk mengolah atau memanfaatkan limbah plastik bekas ini. Dalam pengolahannya, kita dapat memikirkan aspek ekonomisnya pula, agar kita terpicu untuk terus merecycle alias mendaur ulang limbah botol plastik bekas untuk menyelamatkan eksistensi kebersihan bumi tercinta ini.
Akibat dari semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat serta aktivitas lainnya maka bertambah pula buangan/limbah yang dihasilkan. Limbah/buangan yang ditimbulkan dari aktivitas dan konsumsi masyarakat sering disebut limbah domestik atau sampah. Limbah tersebut menjadi permasalahan lingkungan karena kuantitas maupun tingkat bahayanya mengganggu kehidupan makhluk hidup lainnya. Selain itu aktifitas industri yang kian meningkat tidak terlepas dari isu lingkungan. Industri selain menghasilkan produk juga menghasilkan limbah. Dan bila limbah industri ini dibuang langsung ke lingkungan akan menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.Jenis limbah pada dasarnya memiliki dua bentuk yang umum yaitu; padat dan cair, dengan tiga prinsip pengolahan dasar teknologi pengolahan limbah.  






PEMBAHASAN

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:
  1. 1 buah Botol Bekas Minuman Gunting
  2. Dobble tape
  3. Gunting atau Pisau
  4.  Sendok plastik
  5. Cat warna/pilok
  6. Kertas bufalo
  7. Mika rental
  8. Lampu beserta kabel

Terknik Membuat lampion dari Botol Bekas:
  1. Pemotongan dasar botol bekas setengah. Buang bagian yang tersisa.
  2. Potong sendok hingga terlepas dengan gagangnya
  3. Lapisi botol bekas dengan mika rental
  4. Lem sendoknya kemudian pasang ke permukaan botol bekas yang sudah dilapisi mika
  5. Setelah membentuk wujud yang kita inginkan, seperti bentuk nanas, kemudian pilok seluruh bagian lampion tersebut
  6. Setelah selesai, pasang lampunya






                                              PENUTUP
1.3 Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan yang tertulis pada makalah ini, kami dapat menarik beberapa simpulan, yaitu sebagai berikut:
1.      Limbah botol plastik adalah barang buangan yang berupa plastik yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis
2.      Sumber limbah botol plstik tergantung pada produksi plastik itu sendiri dan digolongkan berdasarkan bahan dasar penyusunnya.
3.      Pemakaian plastik secara terus menerus akan menghabiskan beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, selain itu menghasilkan beberapa zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
4.      Pemanfaatan limbah botol plastik merupakan upaya menekan pembuangan plastik seminimal mungkin yang dapat dilakukan dengan pemakaian
5.      Pengolahan limbah botol plastik dapat dilakukan dengan daur ulang (pemakaian kembali),  incinerasi (pembakaran), dan penggunaan plastik biodegradable.
  1.4  Saran
1.      Semoga dengan dibuatnya laporan ini kita bisa menambah wawasan pengetahuan kita, kita sadar akan bahaya sampah plastik yang dibuang atau dibakar begitu saja tanpa tahu akibatnya.
2.      Kenali limbah yang ada disekitar kita, dengan mengenali kita bisa
mengetahui jenis-jenis limbah, dengan mengetahui kita dapat menusahakan
untuk mengolah dan memanfaatkan limbah, karena limbah atau sampah
hanya akan merusak lingkungan, jika tidak diolah dan dimanfaatkan sebaik
mungkin.
3.      Demikian laporan yang sudah kami buat, tanpa dukungan dari berbagai pihak, keberhasilan kegiatan ini tidak mungkin terlaksana. Untuk itu, kerja sama yang ada di antara kita semua sangat diperlukan. Mudah-mudahan kedepannya rencana ini dapat di lanjutkan kembali bagi berbagai pihak.
4.      Kritik, saran dan solusi yang membangun tetap kami butuhkan untuk memperbaiki makalah kami.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "MAKALAH PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL PLASTIK"

 
Copyright © 2015 TUGASKU - All Rights Reserved
Supported by Yousound
Back To Top