TUGASKU

Kumpulan Tugas Sekolah

Macam macam majas dan contohnya lengkap

Macam macam majas dan contohnya lengkap -   Majas adalah adalah  bahasa kias dan indah yang di gunakan untuk mempercantik  susunan kalimat yang dipergunakan untuk tujuan menimbulkan kesan imajinatif serta mampu menciptakan efek-efek tertentu baik itu melalui lisan atau tertulis untuk pembaca dan pendengarnya.



Macam macam Secara garis besar majas terdiri atas empat macam majas yang tiap-tiap macamnya terdiri dari beberapa jenis majas turunan,
Majas terdiri dari :
1). Majas Perbandingan;
2). Majas Pertentangan;
3). Majas Sindiran;
4). Majas Penegasan.
1. Majas Perbandingan                       
 Pengertian Majas Perbandingan adalah kata-kata berkias yang menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dan pengaruhnya terhadap pendengar atau pembaca. Jika diperhatikan dari cara pengambilan perbandingannya, Majas Perbandingan terbagi atas:

1) Asosiasi atau Perumpamaan
Majas asosiasi atau perumpamaan adalah perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berbeda, tetapi sengaja dianggap sama. Majas ini ditandai oleh penggunaan kata bagai, bagaikan, seumpama, seperti, dan laksana.
Contoh :
a) Semangatnya keras bagaikan baja.
b) Mukanya pucat bagai mayat.
c) Wajahnya kuning bersinar bagai bulan purnama
2) Metafora                                  
Metafora adalah majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis.
Me•ta•fo•ra /métafora/ : Pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan, misalnya tulang punggung dalam kalimat pemuda adalah tulang punggung negara
Contoh:
a)      Engkau belahan jantung hatiku sayangku. (sangat penting)
b)      Raja siang keluar dari ufuk timur
c)      Jonathan adalah bintang kelas dunia.
d)      Harta karunku (sangat berharga)
e)      Dia dianggap anak emas majikannya.
f)       Perpustakaan adalah gudang ilmu.
3) Personifikasi                           
Personifikasi adalah majas yang membandingkan benda-benda tak bernyawa seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia.
Contoh:
a) Badai mengamuk dan merobohkan rumah penduduk.
b) Ombak berkejar-kejaran ke tepi pantai.
c) Peluit wasit menjerit panjang menandai akhir dari pertandingan tersebut.
4) Alegori                    
Alegori adalah Menyatakan dengan cara lain, melalui kiasan atau penggambaran.
Alegori: majas perbandingan yang bertautan satu dan yang lainnya dalam kesatuan yang utuh. Contoh: Suami sebagai nahkoda, Istri sebagai juru mudi
Alegori biasanya berbentuk cerita yang penuh dengan simbol-simbol bermuatan moral.
Contoh:
Perjalanan hidup manusia seperti sungai yang mengalir menyusuri tebing-tebing, yang kadang-kadang sulit ditebak kedalamannya, yang rela menerima segala sampah, dan yang pada akhirnya berhenti ketika bertemu dengan laut.
5) Simbolik                      
 Simbolik adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan
mempergunakan benda, binatang, atau tumbuhan sebagai simbol atau lambang.
Contoh:
a)   Ia terkenal sebagai buaya darat.
b)   Rumah itu hangus dilalap si jago merah.
c)   Bunglon, lambang orang yang tak berpendirian
d)   Melati, lambang kesucian
e)   Teratai, lambang pengabdian
6) Metonimia                         
Metonimia adalah majas yang menggunakan ciri atau lebel dari sebuah benda untuk menggantikan benda tersebut.Pengungkapan tersebut berupa penggunaan nama untuk benda lain yang menjadi merek, ciri khas, atau atribut.
Contoh:
a) Di kantongnya selalu terselib gudang garam. (maksudnya rokok gudang garam)
b) Setiap pagi Ayah selalu menghirup kapal api. (maksudnya kopi kapal api)
c) Ayah pulang dari luar negeri naik garuda (maksudnya pesawat)

Majas Litotes: Pengertian dan Contoh - Dalam pelajaran Bahasa Indonesia tentang majas, litotes adalah sejenis majas di antara majas-majas lainnya. Fungsinya sama dengan majas pada umumnya, yaitu menghadirkan bentuk retoris sebagai salah satu unsur gaya bahasa dalam suatu karya sastra. Meskipun begitu, majas litotes tentu saja berbeda dengan majas lainnya, di antaranya adalah ketika akan diterapkan dalam kalimat. Maka dari itu, pengetahuan tentang majas litotes sangat penting agar kita tidak salah menerapkan majas dalam kalimat. Untuk tujuan inilah, blog Ilmu Bermanfaat, akan memberikan ulasan tentang majas litotes. Secara terperinci, pembahasannya terdiri dari pengertian majas litotes dan contoh majas litotes, selamat membaca.
"Harga beras mencekik leher setelah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak"
Kalimat ini adalah contoh majas hiperbola, kesan berlebihan didapat dari pilihan kata "mencekik leher".
Contoh Majas Hiperbola 2
"Darah korban pembunuhan itu membanjiri tanah"
Kesan melebih-lebihkan dalam kalimat ini adalah pada kata "membanjiri tanah".
Contoh Majas Hiperbola 3
"Suaramu memecahkan gendang telingaku"
Kata "memecahkan" gendang telinga sangat berlebihan. Meskipun keras, tidak mungkin suara teriakan teman sampai memecahkan gendang telinga. Jadi, termasuk majas hiperbola.
Contoh Majas Hiperbola 4
"Sampah-sampah di Kota Jakarta bertumpuk setinggi gunung"
Contoh di atas merupakan majas metafora. Meskipun banyak, sampah itu belum tentu setinggi gunung.
Kemakmuran suatu bangsa ditentukan oleh disiplin atau tidaknya warga negara yang mendiaminya Tinggi rendahnya derajat seseorang di mata Alloh hanya ditentukan oleh tingkat ketakwaannya. Cantik jelek bagi saya bukan lagi masalah, asalkan dia baik dan mau menerima saya apa adanya. Hidup matiku telah ku pasrahkan sepenuhnya pada sang Khalik. Jangan terpengaruh pada kaya miskinnya teman Anda jika ingin menjalin tali persahabatan yang baik. Besar kecilnya pendapatan perkapita akan sangat mempengaruhi kemajuan dari suatu bangsa. Bersih kotornya sebuah rumah hanya akan dipengaruhi oleh rajin tidaknya para penghuninya. Tebal tipisnya buku harusnya tidak menjadi acuan seberapa besar kualitas isinya. Mahal murahnya harga sangat dipengaruhi banyak hal, termasuk faktor permintaan dan ketersediaan barang. Hitam putihnya kehidupan, kita lah yang pada akhirnya menentukan. Bagus jeleknya sikapmu pasti akan mempengaruhi masa depanmu kelak (contoh majas antitesis ini harus benar-benar Anda camkan!). Jujur tidaknya pegawai tetap suatu saat akan diketahui atasannya. Manis pahitnya cerita kehidupan yang ku lalui sudah cukup untuk dijadikan pelajaran berharga untuk menatap masa depan. Banyak sedikit rezeki yang diperoleh, tetaplah wajib kita syukuri. Nyaman tidaknya kamar tidurmu pasti tetap dipengaruhi oleh rajin tidaknya kamu bersih-bersih. Sehat sakitnya seseorang ditentukan yang utama adalah oleh gaya hidupnya. Lapang sempitnya kesempatan yang kita miliki semoga semuanya tetap dapat dimudahkan oleh-Nya. Keras lunaknya keybord komputer biasanya dipengaruhi oleh bahan yang digunakan untuk membuatnya. Panjang pendeknya rambut sedikit banyak akan mempengaruhi penampilan wajah kita. Cepat lambatnya kerja seseorang biasanya dapat dilihat dari cepat lambatnya ia ketika menghabiskan makanan. Sebentar lamanya waktu yang kita butuhkan untuk mengantri pasti akan mempengaruhi kondisi psikologis kita. Berani dan takutnya mental dia akan kita buktikan dengan kejadian malam ini. Perawatan di salon akan menentukan kasar halusnya kulit wajahmu. Tajam tumpul pisau akan menentukan seberapa cepat lambat matinya ayam yang kau sembelih. Ongkos angkot di kotaku jauh dekat bayar Rp. 3000.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam macam majas dan contohnya lengkap"

 
Copyright © 2015 TUGASKU - All Rights Reserved
Supported by Yousound
Back To Top