TUGASKU

Kumpulan Tugas Sekolah

Sejarah Singkat Gunting Kuku



Gunting kuku sebenar nya adalah alat mekanik yang terbuat dari logam yang digunakan untuk memotong     kuku gunting kuku adalah alat yang menggunakan prinsip kerja tuas. tuas sendiri memiliki pembagian kelas dalam sistem kerjanya. yaitu: 1.titik tengah 2.tumpuan 3.pengungkit termasuk dalam kategori alat tangan yang juga termasuk dalam alat fisika.penemu alat ini tidak diketahui secara pasti. Yang tercatat sejarah hanyalah paten pertama untuk pengembangan alat tersebut di Amerika Serikat (AS) tahun 1875. Paten didaftarkan oleh seseorang bernama Valentine Fogerty.
Paten untuk pengembangan yang lain juga didaftarkan oleh William C Edge tahun 1876, dan John H Hollman di tahun 1878. Setelah diubah sedikit, paten untuk alat pemotong kuku kembali didaftarkan oleh  Eugene Heim tahun 1881 dan Celestin Matz tahun 1885. Pengembangan sedikit demi sedikit alat pemotong kuku pun terus terjadi. Setelah Matz, ada lagi yang mendaftarkan paten perangkat tersebut tahun 1905 bernama George H Coates. Anak pemimpin Gereja Baptis Connecticut, Chapel C Carter, juga mematenkannya tahun 1922. Sekitar tahun 1913 dia adalah seorang sekretaris di HC Cook Company, yang sebelumnya bernama HT Cook Machine Company yang dikelola Henry C Cook, Lewis I Cook, dan Chapel S Charter.
    
Mulai sekitar tahun 1928, Charter menjadi pemimpin perusahaan saat dia mengklaim pemegang merek pertama alat pemotong kuku, yakni Gem. Setelah Gem kemudian muncul pabrik-pabrik lain pembuat alat pemotong kuku. Ada LT Snow yang memproduksi alat pemotong kuku sekitar tahun 1906. Kemudian ada juga perusahaan bernama King Klip yang membuat potongan kuku di New York sekitar tahun 1911

   Selanjutnya di tahun 1947 seperti tertulis dalam situs enotes.com, berdiri perusahaan milik WE Basset yang memproduksi pemotong kuku bermerek Trim. Pabrik ini merupakan produsen pertama alat pemotong kuku yang memanfaatkan mesin-mesin modern. Tahun 2001 WE Basset ini mengakuisisi Cook Bater dan Pacer Technology. Perusahaan lain yang juga tertarik untuk memproduksi alat pemotong kuku selain di Amerika adalah Evenflo (Cina), Revlon (Korea), DOVO Solingen (Jerman).

  Saat ini, alat pemotong kuku, umumnya sudah dilengkapi tiga perangkat lain, yakni alat pembuka botol, pisau kecil, dan alat penghalus ujung kuku yang baru dipotong. Tak hanya terbuat dari logam, sebagian alat pemotong kuku juga terbuat dari plastik.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sejarah Singkat Gunting Kuku"

 
Copyright © 2015 TUGASKU - All Rights Reserved
Supported by Yousound
Back To Top